logo   27 Agustus 2014 indo | English 
Home | Artikel | Agenda | Berita | Publikasi | Pengumuman | Peraturan | Profil Institusi | Prosedur | Humaniora | Surat Pembaca | Arsip Berita
>> Berita
 
Rabu, 03 Juli 2013
Sebelas KKKS Peroleh Penghargaan
Sebanyak 11 kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) memperoleh penghargaan atas kinerja eksplorasi dan kepatuhan terhadap komitmen kontrak kerja sama, termasuk keberhasilan dalam penemuan hidrokarbon.  


KKKS yang memperoleh penghargaan kategori Emas:

  1. Genting Oil Kasuri PTE Ltd untuk WK Kasuri
  2. Salamander Energy (Bontang PTE Ltd) untuk WK Bontang
  3. Pasific Oil dan Gas (Kisaran) Ltd untuk WK Kisaran
  4. Kris Energy (Satria) Ltd untuk WK Bulu
  5. PT Sele Raya Belida untuk WK Belida.

 

KKKS yang memperoleh penghargaan kategori Hijau:

  1. Eni Bukat Ltd untuk WK Bukat
  2. CNOOC Batanghari Ltd untuk WK Batanghari
  3. PT Kalimantan Energi untuk WK West Sangata
  4. PHE Nunukan untuk WK Nunukan
  5. AWE (Anambas) PTW Ltd untuk WK Anambas
  6. KrisEnergy  (East Muriah) Ltd untuk WK East Muriah

 

KKKS yang memperoleh penghargaan kategori Emas adalah KKKS yang telah memenuhi seluruh komitmen pasti, sudah menemukan cadangan hidrokarbon dengan kategori technical disecovery dan penemuannya memiliki peluang ekonomis.

 

Sedangkan KKKS memperoleh penghargaan kategori Hijau adalah sudah memeunhi komitmen pasti dan sudah ada peluang yang memiliki peluang ekonomis.

 

Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini dalam acara penyerahan penghargaan di Kantor SKK Migas, Rabu (3/7), mengemukakan, penghargaan ini berdasarkan penilaian terhadap 113 WK eksplorasi yang telah berumur tiga tahun lebih. Langkah ini merupakan upaya implementasi sistem reward and punishment kepada KKKS secara terukur.

 

Selain pemberian penghargaan sebagai reward, SKK Migas berupaya secara intensif dan komprehensif di semua lini untuk mendukung percepatan komersialitas WK eksplorasi ke WK eksploitasi yang ditandai dengan rekomendasi dan persetujuan rencana pengembangan lapangan pertama (PoD I). (TW)

 
>> Berita Lainnya
 
Rabu, 27 Agustus 2014
Atasi Antrian, Pasokan BBM Bersubsidi Dinormalisasi
Sesuai dengan arahan pemerintah, PT Pertamina (Persero) melakukan normalisasi pasokan BBM bersubsidi kepada masyarakat agar tidak terjadi potensi antrian yang berkepanjangan.
 
Selasa, 26 Agustus 2014
Menteri ESDM Akan Resmikan Blok Cepu
Sebelum masa jabatannya berakhir, Menteri ESDM Jero Wacik akan meresmikan proyek migas Banyu Urip, Blok Cepu yang terletak di Bojonegoro, Jawa Timur. Peresmian rencananya dilakukan September 2014 mendatang.
 
Senin, 25 Agustus 2014
Menteri ESDM Minta Masyarakat Kaya Tidak Beli BBM Subsidi
Antrian pembelian BBM bersubsidi terjadi di sejumlah SPBU di Jawa dan Kalimantan sebagai dampak pengendalian penggunaan BBM bersubsidi. Untuk mengatasi hal ini, Menteri ESDM Jero Wacik menghimbau agar masyarakat menengah ke atas tidak lagi menggunakan BBM bersubsidi.
 
Senin, 25 Agustus 2014
Percepat Penemuan Migas, Pemerintah Dorong Spekulatif Survei
Untuk mempercepat penemuan cadangan migas baru, pemerintah mendorong kegiatan spekulatif survei dapat ditingkatkan. Spekulatif survei 3D telah dilakukan sejak 1995 dan telah berhasil menemukan cadangan migas di berbagai lokasi, seperti di  Lapangan Jangkrik dan Masela.
 
Jumat, 22 Agustus 2014
PBB Eksplorasi Masih Dikeluhkan KKKS
Sejumlah KKKS mengeluhkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) eksplorasi migas yang dikenakan pada  wilayah kerja migas yang ditandatangani setelah tahun 2010 sebagai akibat dari pemberlakukan PP No 79 tahun 2010. Sesuai dengan tagihan yang diterbitkan oleh Ditjen Pajak pada tahun 2013, besaran pajak sekitar Rp 3  triliun terhadap 22 blok eksplorasi dan 1 blok produksi. 
 
Kamis, 22 Agustus 2014
Dirjen Migas Buka Farmout Forum Indonesia 2014
Ditandai dengan pemukulan gendang, Dirjen Migas Kementerian ESDM A. Edy Hermantoro didampingi Direktur Pembinaam Usaha Hulu Migas Naryanto Wagimin, membuka secara resmi Farmout Forum Indonesia ke 4 di Conrad Hotel dan Resort, Nusa Dua, Bali, Kamis (21/8).
 
Rabu, 20 Agustus 2014
Menteri ESDM Resmikan Nama FSO Gagak Rimang
Perkembangan proyek minyak dan gas bumi (migas) Banyu Urip, Blok Cepu yang terletak di Bojonegoro, Jawa Timur, hingga minggu ketiga Agustus 2014 ini mencapai 90%. Salah satu kemajuan dalam pengembangan Banyu Urip adalah fasilitas floating storage and offloading yang diresmikan namanya oleh Menteri ESDM Jero Wacik di Galangan Kapal Sembawang, Singapura, Selasa (19/8). Hadir pada kesempatan tersebut, Dirjen Migas Kementerian ESDM A. Edy Hermantoro,  Pelaksana Tugas Kepala SKK Migas J. Widjonarko, Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Andri Hadi, Bupati Bojonegoro, Suyoto, Bupati Tuban, Fathul Huda dan Vice President ExxonMobil Development Company, Raymond Jones.
 
Selasa, 19 Agustus 2014
Hemat Energi Harus Terus Dikampanyekan
Budaya hemat energi harus terus dikampanyekan. Tidak hanya oleh pemerintah dan pemerintah daerah,  tetapi juga media massa. Harapannya,  agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan gerakan hemat energi.
 
Senin, 18 Agustus 2014
Menteri ESDM Anugerahkan Penghargaan Energi ke 4 Tahun 2014
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menganugerahkan Penghargaan Energi Tahun di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin 18/8).  Acara ini dihadiri oleh Kepala Balitbang ESDM Fx. Sutjiastoto, Dirjen Migas Kementerian ESDM A. Edy Hermantoro, Dirjen Listrik Jarman, Sekjen ESDM M. Teguh Pamudji, Sekjen DEN Hadi Purnomo, wakil kementerian terkain, BUMN, Kepala Daerah dan Kepala Dinas ESDM, perguruan tinggi, asosiasi dan organisasi profesi, pemangku kepentingan Sektor ESDM di Indonesia serta para penerima penghargaan energi.
 
Senin, 18 Agustus 2014
RUU APBN 2015: ICP US$ 105 per Barel, Lifting Minyak 845.000 dan Subsidi Energi Rp 363,5 Triliun
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan RUU APBN 2015 dan Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR, Jumat (15/8). Mengenai asumsi ICP, diperkirakan sebesar US$ 105 per barel, lifting minyak bumi sekitar 845.000 barel per hari dan gas bumi sekitar 1.248 ribu barel setara minyak per hari. Sedangkan subsidi energi sebesar Rp 363,5 triliun.
 
Minggu, 17 Agustus 2014
Menteri ESDM Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 69
Upacara peringatan  Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 69 dilaksanakan pimpinan dan pegawai Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral hari ini, Minggu, (17//8). Bertindak sebagai Pembina upacara, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik.
 
Jumat, 15 Agustus 2014
Pengendalian BBM Bersubsidi Hanya Sementara
Pemerintah kembali meminta masyarakat tidak perlu merasa gelisah menyusul kebijakan pemerintah mengendalikan penggunaan BBM bersubsidi yang dilaksanakan sejak 1 Agustus 2014. Kebijakan ini bersifat sementara agar kuota BBM yang telah ditetapkan sebesar 46 juta KL dapat mencukupi hingga akhir 2014.
 
Jumat, 15 Agustus 2014
Kenaikan Harga LPG 12 Kg Masih Dibahas
Menteri ESDM Jero Wacik menegaskan, Pemerintah masih melakukan pembahasan mengenai keinginan PT Pertamina untuk menaikkan harga jual LPG ukuran tabung 12 kg.
 
Kamis, 15 Agustus 2014
Dirjen Migas Hadiri MOU Pengelolaan Energi di Kawasan Transmigrasi
Dirjen Migas Kementerian ESDM A. Edy Hermantoro menghadiri penandatanganan kesepahaman bersama tentang Program Pengelolaan Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi di Kawasan Transmigrasi, Kamis (14/8). Penandatanganan juga disaksikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar.
 
Kamis, 14 Agustus 2014
Konversi BBM ke Gas: MRU Pluit Mulai Beroperasi
Kebijakan konversi BBM ke bahan bakar gas mendapat dukungan berbagai pihak, termasuk BUMN. PT Perusahaan Gas Negara, Rabu (13/8), secara resmi menempatkan fasilitas pengisian bahan bakar gas yaitu mobile refueling unit (MRU) di wilayah waduk Pluit, Jakarta Utara.
 
 
Dekstop version